Thursday, September 21, 2006

Jurnal KALANG 2006 >> Konservasi di Bali

PENGENALAN KONSEP KONSERVASI ARSITEKTUR BALI
DI TENGANAN PEGERINGSINGAN

Ir. Ari Widyati Purwantiasning, MATRP
Jabatan Akademik: Asisten Ahli
Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Email: arwityas@yahoo.com, kajur.arsitek@ft.umj.ac.id
Jl. Cempaka Putih Tengah 27 Jakarta 10510



ABSTRACT This paper will explore Tenganan Pegeringsingan as one of a few ‘old’ villages in Bali – which called as Bali Aga Village. Tenganan is one of ‘old’ villages which still has original culture and tradition. As an old village, Tenganan become one of tourism object attraction in Bali for long time since Bali become tourism island in Indonesia. The uniqueness of built form, house pattern, village pattern, community’s life pattern and their strong tradition become an attractive values for tourists from other countries to visit this village.
Bali Architecture generally and Tenganan in particular has their own unique character which does not have by other places. Traditional architecture in this village is very sensitive with changes by external factors both directly and indirectly. This paper will deliver the implementation of conservation concept within Tenganan Pegeringsingan which has been protected for years from outsider.

ABSTRAK Tulisan ini akan mengeksplor Desa Tenganan Pegeringsingan sebagai satu dari beberapa desa di Bali yang disebut sebagai Desa Bali Aga. Tenganan adalah satu dari desa-desa kuno di Bali yang mempunyai budaya dan tradisi yang masih murni. Sebagai Desa Kuno, Tenganan menjadi satu dari obyek atraksi turis di Bali lama sejak Bali menjadi pulau turis di Indonesia. Keunikan bentuk bangunan, pola hunian, pola desa, pola kehidupan masyarakanya serta tradisi kuat mereka menjadi nilai-nilai yang atraktif bagi turis untuk berkunjung ke Desa ini.
Arsitektur Bali umumnya dan Tenganan khususnya, mempunyai karakter unik tersendiri yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Arsitektur tradisional di desa ini sangat sensitif dengan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal baik secara langsung maupun tidak langsung. Di dalam tulisan ini akan dipaparkan implementasi dari konsep konservasi di Tenganan Pegeringsingan yang telah menutup diri sejak tahunan dari dunia dan masyarakat luar.

A. PENDAHULUAN
Di Bali, lingkungan binaan tradisional, yang didasari oleh prinsip-prinsip arsitektural kuno berakar pada kepercayaan agama, relatif tidak berubah dalam beberapa dekade. Sampai saat ini karakter tradisional Bali dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari masih dirasa tidak berubah. Walaupun begitu, masih saja banyak berbagai kekuatan yang berusaha untuk mempengaruhi lingkungan tradisional Bali, yang muncul dalam intrik-intrik dan pengaruh di dalam kehidupan tradisional masyarakat Bali.

Di Bali sendiri terdapat banyak desa-desa yang masih dianggap asli dalam menyelenggarakan kehidupan tradisionalnya tanpa pernah ada pengaruh-pengaruh luar yang diperbolehkan untuk masuk dan merubah secara sedikit demi sedikit tradisi mereka. Ada beberapa desa yang memang sangat ketat dalam pelarangan masuknya budaya luar yang dianggap dapat merusak kehidupan tradisional masyarakatnya. Tentu saja hal ini membedakan pada individu manusianya dan juga budayanya yang secara keseluruhan berbeda. Biasanya orang Bali menyebutnya sebagai Bali Aga atau Bali Kuno atau Bali Tua.

Bali Aga dapat ditampilkan sebagai sebuah identitas dari tradisi asli Bali dan budaya yang muncul dari masa lampau sampai saat ini. Di Bali, beberapa desa tua yang disebut Bali Aga diantaranya adalah Desa Tenganan Pegeringsingan, Desa Trunyan, Desa Sembiran, Desa Taor, Desa Salulung, Desa Barukaang, Desa Penglipuran dan Desa Catur (Covarrubias, 1946: 1). Sementara tiga desa yang dianggap cukup mewakili kehidupan tradisional di Bali sebagai Bali Aga adalah Desa Trunyan, Desa Penglipuran dan Desa Tenganan.

Dalam penelitian ini, Desa Tenganan Pegeringsingan terpilih sebagai studi kasus dimana Desa ini merupakan Desa yang terpilih sebagai Area Konservasi dan dianggap sebagai Desa yang masih murni dan asli dalam hal budaya dan tradisinya. Desa Tenganan Pegeringsingan dianggap sebagai Bali Aga yang paling konservatif dalam mempertahankan tradisi-tradisi kunonya dengan komitmen yang tinggi dari para leluhur maupun masyarakat keturunannya saat ini.

Ide dari konservasi itu sendiri berkembang di Bali selama beberapa tahun ini dengan menunjuk beberapa daerah yang dianggap mempunyai nilai historical dan desa-desa tua sebagai Area Konservasi. Bali secara tradisional dikenal sebagai Pulau Dewata yang mempunyai nilai historis dan dapat meningkatkan pengalaman ruang bagi para turis-turis domestik maupun internasional yang berkunjung di Pulau Bali ini.

B. DISKRIPSI DESA TENGANAN PEGERINGSINGAN
Tenganan Pegeringsingan adalah salah satu dari banyak desa-desa kuno di Bali, yang dikenal sebagai Desa Bali Aga. Bali Aga itu sendiri sudah hidup di Bali jauh sejak sebelum kedatangan masyarakat Hindu Jawa yang mungkin dapat memberikan sedikit banyak pengaruh dan bentuk baru pada budaya Bali modern.

Desa Tenganan adalah salah satu desa kuno yang masih memiliki budaya dam tradisi asli. Tenganan sudah dilindungi sejak berabad-abad dari dunia luar dengan dinding-dinding yang mengelilingi desa tersebut. Desa Tenganan terletak di Bali Timur antara Klungkung dan permukiman Karangasem, sekitar 18 km dari kota Amlapura dan 66km sebelah Timur ibukota Bali Denpasar (lihat gambar 1). Pada tahun 1997 Tenganan memiliki sekitar 300 penghuni. Tepatnya Desa Tenganan terletak di Perumahan Distrik Karangasem (lihat gambar 2). Desa ini hanya dapat dicapai melalui satu akses jalan untuk kendaraan bermotor, dicapai dari jalan utama Klungkung-Karangasem atau dari Pantai Candi Dasa (pura tua di dalam area). Karangasem sendiri kaya akan ragam aturan kuno yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari. Hal ini dapat ditemukan di dalam desa-desa yang mendapat pengaruh dari Jawa setelah abad 14.

Di luar area desa terdapat area turis yaitu Pantai Candi Dasa, setelah candi kuno di perbukitan, dan melintasi danau adalah pusat meditasi Gandhi. Desa Tenganan Pegeringsingan adalah salah satu desa di Perumahan Karangasem, dan satu-satunya tempat di Indonesia dimana bahan tenun dobel ikat geringsing dibuat. Hal inilah yang menyebabkan desa ini akhirnya dikenal sebagai desa Tenganan Pegeringsingan – Desa Geringsing. Pada perayaan-perayaan khusus, terdapat banyak sekali ritual yang beragam dengan upacara tari-tarian bagi laki-laki dan perempuan, yang mendiskripsikan bagaimana keaslian dari upacara budaya di dalam desa tersebut berlangsung.

Masyarakat Desa Tenganan Pegeringsingan mempunyai Hindu Indra atau aturan-aturan Hindu kuno, yang mempertimbangkan Dewa Indra sebagai Dewa tertinggi dalam orientasi kehidupan mereka sehari-hari menjadi obyek untuk disembah.

Kondisi-kondisi yang disebutkan di atas membawa masyarakat untuk membangun tempat tinggal mereka dan bangunan-bangunan fasilitas bersama dengan cara yang berbeda (lihat gambar 3). Arsitektur dan layout dari desa sangat berbeda, lebih lanjut banyak aturan-aturan yang berlaku di kehidupan masyarakat terlihat berbeda.

Secara administratif, Desa Tenganan Pegeringsingan mempunyai tiga kelompok masyarakat kecil yang dikenal sebagai Banjar Adat. Ketiga Banjar Adat tersebut adalah Banjar Kauh, Banjar Tengah dan Banjar Kangin/ Banjar Pande. (lihat gambar 4). Banjar Kangin/ Banjar Pande terletak di bagian timur dari desa, untuk mengalokasikan semua orang di dalam lingkungan masyarakat yang telah melakukan pelanggaran aturan tradisi dan budaya. Selanjutnya, area ini juga tertutup bagi pendatang-pendatang baru.

Pada peta di gambar 4 terlihat bahwa terdapat tiga jalur utama yaitu Utara ke Selatan sebagai sirkulasi dan dua rute dari Barat ke Timur yang dikenal sebagai gang. Tiga jalur utama dari sirkulasi tersebut memperlihatkan layout dan pola dari rumah-rumah masyarakat sebagai formasi linier dari Utara ke Selatan dengan pintu masuk utama terletak di sebelah Barat dan Timur.

Pola lingkungan binaan yang sudah ada berisi semua kavling rumah dan tiga sirkulasi, yang mempunyai orientasi pada sirkulasi utama (di pusat Banjar Tengah). Tiga sirkulasi utama tersebut juga mempunyai fungsi sebagai ruang interaksi untuk sosialisasi. Koridor dan jalur sirkulasi, yang terjadi karena pola kavling rumah, membentuk pola jalan menuju jalur utama. Hal tersebut dapat dibedakan dengan skala dan dimensi jalan yang ada (jalan primer, sekunder dan tertier). Dari fungsinya, jalan tersebut dapat dibedakan sebagai ruang-ruang publik untuk aktifitas sosial, budaya dan ekonomi.

Dari pola eksisting fisik lingkungan binaan di dalam Desa Tenganan, terlihat jelas bahwa filosofi dasar dari arsitektur tradisional bali khususnya konsep dasar keseimbangan alam – Tri Hita Karana – adalah merupakan satu konsep yang memadukan keharmonisan tiga komponen yang dipengaruhi kehidupan sosial dan kebahagiaan.

C. TUJUAN PENUNJUKAN DAERAH KONSERVASI
Beberapa tahun sebelum peraturan tentang konservasi diperkenalkan, konsep konservasi ditekankan pada lingkungan manusia dan kebutuhan akan pendekatan secara komprehensif (Covarrubias, 1946). Untuk itu, saat ini konservasi tidak hanya memperdulikan obyek fisik saja, dan juga nilai-nilainya saja, namun juga menyangkut masalah sosial ekonomi dan fenomena budaya (Budihardjo, 1991). Melestarikan peninggalan arsitektur, di Indonesia dan Bali khususnya, tidak sesederhana seperti memberi warna atau meningkatkan secara estetika sebuah lingkungan dan kemudian meningkatkan penampilan visualnya. Konservasi adalah sebuah aktifitas yang menyebabkan sebuah perubahan komunitas dalam hal sosial, ekonomi, dan budaya dan kemudian menjadi masyarakat yang berkelanjutan.

Kunci dari hal ini adalah identifikasi dari nilai-nilai yang terbagi dan juga konsep yang ditangani oleh komunitas. Tugas yang paling penting dalam melestarikan peninggalan arsitektur Bali adalah menemukan konsep filosofi dasar dari arsitektur Bali. Ide yang harus digarisbawahi disini adalah bahwa konsep tersebut harus selalu digunakan walaupun dalam penerjemahannya akan berbeda-beda hasilnya seperti dalam hal bentuk fisik yang berbeda.

Dengan adanya ide tentang keharmonian antara yang lama dan yang baru, bangunan-bangunan yang berbeda saat mencoba untuk mempertahankan karakter individu masing-masing, mengkombinasikannya untuk membuatnya lebih baik dan total. Secara khusus, mencampurkan antara yang lama dan yang baru secara keseluruhan akan lebih baik daripada hanya menambahkan bagian-bagian. Kemudian, hal yang paling penting mungkin dapat menyerang keseimbangan tanpa mengkompromikan nilai-nilai tradisi yang relevan dan inovasi yang esensial.

Kemudian untuk memenuhi konsep konservasi, Bali harus memberi perhatian lebih pada pelestarian budaya, filosofi dan konsep serta ide dasar disain. Hal ini secara pasti akan mengawali pengaruh-pengaruh kuat untuk merubah yang tidak dapat dihindari ketika secara simultan masyarakat berusaha untuk mempertahankan semua hal yang bernilai baik dari masa lampau, yaitu tujuan paling penting dari konservasi. Satu dari program awal dari pemerintah lokal Bali adalah dengan menggulirkan Desa-desa tua di Bali yang mencoba untuk menjaga budaya aslinya (seperti Desa Penglipuran, Desa Tenganan dan Desa Trunyan) sebagai daerah konservasi di Bali.

Sebagai Desa Tua, Tenganan Pegeringsingan menjadi tempat yang menarik bagi turis yang pertama di Bali sejak Bali menjadi daerah turis di Indonesia (Department of Tourism Board, 1999). Selanjutnya, keunikan dari bentuk bangunan, pola-pola rumah, pola-pola desa dan pola kehidupan masyarakat Bali serta tradisi kuatnya menjadi nilai-nilai yang atraktif bagi turis asing untuk dating ke Desa Tua tersebut.

Tenganan Pegeringsingan terpilih menjadi daerah konservasi karena keasliannya, keunikannya dan tradisi serta budayanya. Masyarakat Tenganan memiliki aturan untuk melestarikan dan meningkatkan lingkungan di dalam desa tanpa harus merusak kehidupan mereka dan tanpa mempengaruhi secara negative nilai-nilai tradisional mereka.

D. PENUTUP
Tenganan Pegeringsingan sebagai satu dari beberapa desa-desa tua di Bali, yang tidak terhindar dari pengaruh-pengaruh adanya kegiatan turisme di Bali, nampaknya masih dapat bertahan sampai saat ini. Banyaknya pendatang-pendatang baik turis asing maupun domestik yang mempertanyakan keaslian dan kemampuan bertahannya Desa Tenganan, ternyata tidak berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan tradisional masyarakatnya.

Terlihat bahwa di Desa Tenganan Pegeringsingan seluruh bangunan-bangunannya menggunakan konsep arsitektur tradisional Bali. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh yang kuat dari luar tidak melunturkan kemurnian tradisi mereka. Pengaruh modernisasi dari luar mempunyai peranan yang cukup kuat di Bali, namun pada kasus Tenganan pengaruh tersebut berdampak hanya pada beberapa aspek. Pengaruh tersebut diantaranya adalah pemakaian material arsitektural beberapa bangunan, seperti bangunan publik maupun fasade bangunan, perubahan fungsi rumah menjadi tempat usaha, adanya konsep pedestrianisasi dan juga perbaikan utilitas yang ada di dalam lingkungan Desa Tenganan Pegeringsingan. Beberapa pengaruh ini tentunya tidak berdampak pada perubahan kemurnian Desa Tenganan Pegeringsingan. Hal inilah yang menjadikan Tenganan Pegeringsingan tetap dikenal sebagai Desa Bali Aga yang terjaga keaslian dari segi kehidupan tradisi masyarakatnya maupun arsitektur tradisionalnya.

E. DAFTAR PUSTAKA
About the Bali and Beyond Netsite. (1999). Http://www.balibeyond.com/
Alit, IK et al. (1986). Laporan Penelitian (Research Report). Pengaruh Teknologi
Modern Terhadap Perkembangan Arsitektur Tradisiona. University of Udayana. Bali. Indonesia.
Bali Paradise Online. (1999). Bali Paradise. Http://www.bali-paradise.com
Barnett, Winston and Cyril Winskell. (1977). A Study of Conservation. London:Routledge.
Bateson, G and Margaret Mead. (1942). Balinese Character: A Photographic Analysis. The New York
Academy of Sciences. United States of America.
Bhirawa, B et al. (1985). Jawa Bali, Sebuah Pengamatan Arsitektur. Studi Ekskursi
Jurusan Arsitektur, Universitas Indonesia. Jakarta. Indonesia.
Budihardjo, E. (1991). Conservation and Restoration. Gadjah Mada University Press.
Yogyakarta. Indonesia.
Budihardjo, E. (1997a). Kepekaan Sosio-Kultural Arsitek. Gadjah Mada University
Press. Yogyakarta. Indonesia.
Budihardjo, E. (1997b). Arsitektur yang Berakar Tradisi. Djambatan. Jakarta. Indonesia.
Budihardjo, E. (1997c). Identitas Arsitektur dan Lingkungan. Karya Unipress. Jakarta.
Indonesia.
Budihardjo, E. (1997d). Konservasi Arsitektur Sebagai Warisan Budaya. Djambatan.
Jakarta. Indonesia.
Budihardjo, E. (1997e). Revitalisasi Pusat Kota Lama. Djambatan. Jakarta. Indonesia.
Budihardjo, E. (1997f). Arsitektur Pembangunan dan Konservasi. Djambatan. Jakarta.
Indonesia.
Budihardjo, E. (1997g). Preservation and Conservation of Cultural Heritage in
Indonesia.. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Indonesia.
Covarrubias, M. (1946). Island of Bali. London: Routledge.
Larkham, PJ. (1996). Conservation and the City. London: Routledge.
Sulistyawati. (1998). Konservasi Desa Kuno dalam Antisipasi Pariwisata. Dimensi
Teknik Arsitektur Vol. 25. LPKKM-Universitas Petra. Surabaya. Indonesia.
Sulistyawati. (1999). Design Guidelines of an Old Traditional Village in Anticipating
Tourism Impact. Universitas Udayana. Bali. Indonesia.